DPR MENGGUGAT GRUP BAND 'SLANK'

oleh Zoraya's Zone

Jangan heran jika Jalan Rasuna Said Kuningan Jakarta Selatan pada Senin (7/4) kemaren gempar dan penuh teriakan-teriakan antikorupsi. Sebab, grup band Slank menggoncang gedung Komisi Pemberantasan Korupsi dengan lagu barunya yang bertema anti korupsi.
Slank ternyata merasa tersentuh dengan maraknya aksi korupsi di Indonesia pada saat ini. Oleh karena itu, Slank menyerahkan sebuah compact disk (CD) berisi 13 lagu bertema anti korupsi kepada Komisi Pemberantasan Korupsi. CD yang tidak untuk diperjualbelikan itu, berjudul 'Slank Anti Korupsi'.
Lagu tersebut sudah dirilis dalam album PLUR (Peace Love Unity & Respect) pada 2005. Waktu itu, gosip yang beredar di jalanan antara lain ya itu. Karena yang dinyanyikan adalah gosip yang beredar di jalanan, maka judul lagu itu Gosip Jalanan.
Selain menyerahkan album tersebut, di kantor KPK Slank--terdiri dari Bimbim (drum), Kaka (vokal), Abdee (gitar), Ridho (gitar), dan Ivanka (bas)--juga manggung dengan beberapa lagu. Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pukul 10.48 WIB layaknya panggung pementasan. Di pelataran gedung penuh sesak dengan soundsystem, alat musik, dan sejumlah peralatan panggung milik Slank. Beberapa kru juga terlihat sedang sibuk memeriksa kesiapan alat musik band yang bermarkas di Gang Potlot Jakarta itu. Gebukan drum mulai memecahkan keheningan di gedung yang terletak di Jalan Rasuna Said Jakarta Selatan tersebut. Tepat di tengah pintu masuk terpasang sebuah baner merah dengan tulisan 'Bangkit Lawan Korupsi' milik KPK. Beberapa menit lalu datang penggebuk drum Slank.
Di tengah banyaknya persoalan bangsa dan negara, para wakil rakyat kita di Senayan sana rupanya sedang gerah. Bukan karena banyaknya masalah korupsi yang belum bisa ditangani atau rakyat di Sidoarjo yang makin sengsara, tapi karena lirik lagu band legendaris SLANK yang dinilai menghina mereka. Lirik lagu Gosip Jalanan yang dianggap menghina itu adalah "DPR tukang buat UU dan korupsi". "Bunyi liriknya 'DPR tukang buat UU dan korupsi'. Itu sepertinya akan ditindaklanjuti lewat Bamus karena dianggap memojokkan mereka yang kehormatannya ada di gedung tersebut, gedung yang dikatakan sebagai rumahnya rakyat.
Pantas atau pentingkah DPR menggugat? Bukankah DPR sekarang ini menjadi lembaga yang sangat super? Bisa membuat UU, memutuskan Gubernur BI, Panglima TNI, Kapolri, duta besar, hakim sampai kepada anggota KPU. DPR bisa mengawasi pemerintah, tapi tak ada lembaga formal yang mengawasi DPR. Lantas siapa yang mengawasi DPR? Seluruh rakyat Indonesia mulai dari mahasiswa, LSM, tokoh agama, seniman, semuanya yang peduli dengan para wakil rakyat ini. Bagi sebagian anggota Dewan mungkin saja penting, tapi apakah itu penting buat rakyat yang diwakilinya? Penting atau tidak, yang pasti rencana gugatan ini mendapat reaksi dari masyarakat. Mungkin ada yang mendukung, mungkin ada juga mencemooh. Yang mendukung mungkin karena kehormatannya ikut terusik, yang mencemooh mungkin menganggap DPR kurang kerjaan.
Kita lihat saja...apakah DPR betul-betul "memperkarakan" Slank.Atau Slank yang akan "merubah" lirik di lagunya.....yang pasti,pihak Infotainment penyebar gosip yang akan senang.Di sini apa sih yang gak jadi gosip????...

This entry was posted on Tuesday, April 08, 2008 Kategori . You can leave a response and follow any responses to this entry through the Subscribe to: Post Comments (Atom) .

3 komentar

Anonymous  

wahai anggota DPR yang katanya wakil rakyat kenapa tersinggung dgn lirik slank, kalau anda2 bersih gak perlu tersinggung.. ingat!!!!!!!!!! dibelakang SLANK ada jutaan SLANKERS yang berani dan rela mati demi SLANK

Anonymous  

tidak semua anggota DPR RI. maupun DPRD melakukukan tindakan kkn, tapi saya sangat yakin dan percaya bahwa sebagian anggotanya melalkuakn tindakan itu.

Dedy Azhar

Anonymous  

inti permasalahannya adalah slank bikin lagu ...liriknya bikin panas kuping anggota dewan?
mengapa anggota dewan marah???
apa itu semua bohong( isi lirik),dan apakah slank tidak boleh bikin lagu,apakah anggota dewan sekumpulan orang-orang suci yang tidak boleh dibicarakan keburukan dan kekurangan mereka...
dan apakah slank berhak untuk menulis lagu( seperti pengakuan mereka)....?