Metode Mengunduh E-mail Anda

oleh Zoraya's Zone

POP dan IMAP


Post Office Protocol (POP) is one methods in downloading e-mail when you move e-mail from mail server to the computer at the time of checking email process either manually or automatically in accordance with the time you determine. Internet Message Access Protocol (IMAP) is another method in downloading e-mail, by permanently saving all of your e-mails in server together with folders you have created.Thus, the folders existing in the server and your computer will remain the same. Both protocols above constitute two among several protocols to download e-mail.lf you have only one computer, use POP and if'you move from one computer to another and you have also mobile device or even using some e-mail client, then you can use IMAP


Ada beberapa metode atau protokol yang dapat digunakan saat mengunduh e-mail, antara lain protokol POP (Post Office Protocol) dan protokol IMAP (Internet Message Access Protocol). POP adalah salah satu metode dalam mengunduh e-mail, yaitu memindahkan e-mail dari mail server ke komputer saat Kta melakukan proses check-mail, balk secara manual maupun otomatis sesuai waktu yang Anda tentukan sebelumnya. Folder-folder yang Kita buat adalah folder-folder yang berada di komputer Kita sendiri, sehingga bisa saja berbeda dengan folder yang telah Kita buat di server. Jika menggunakan POP, kita tidak harus terus-menerus terkoneksi ke Internet, karena begitu e-mail telah selesai diunduh, kita bisa membaca e-mail tersebut dalam kondisi offline, begitu juga saat kita membuat e-mail baru.

Sementara IMAP adalah metode lain dalam mengunduh email, yaitu dengan tetap menyimpan seluruh e-mail Kita di server beserta folder-folder yang sudah Kita buat, sehingga folder-folder yang berada di server dan di komputer Kita tetap sama. Setiap kali kita membuka atau membaca email, membuat atau menghapus folder,maka e-mail dan folder tersebut sebenarnya ada di mail server. Jika kita menggunakan IMAP, kita harus terus-menerus terkoneksi ke Internet.

Metode POP adalah metode yang paling lama dan paling banyak digunakan, namun seiring dengan perkembangan teknologi Infomasi, ditambah dengan kemunculan berbagai ponsel dan perangkat mobile lainnya yang menyertakan e-mail client dalam perangkatnya, penggunaan IMAP pun semakin meningkat. Kedua metode ini memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing

Dari sisi kapasitas penyimpanan e-mail, POP dapat menyediakaan space penyimpanan sebanyak yang kita mampu dalam cakram keras (hard disk) di komputer kita sendiri, jadi masalah kapasitas penyimpanan (issue storage) tidak lagi menjadi masalah saat menggunakan POP. Jika menggunakan IMAP, kapasitas penyimpanan e-mail ditentukan oleh besarnya storage atau kuota yang disediakan oleh mail server tempat e-mail kita berada. Sehingga untuk menghemat kapasitas mailbox, kita disarankan untuk selalu menghapus e-mail lama dari mailbox kita.

Dari sisi mobilitas, IMAP adalah pilihan terbaik, karena dengan menggunakan IMAP, kita dapat mengakses mailbox dimana pun kita berada termasuk dengan menggunakan perangkat mobile, E-mail dan folder-folder kita akan tetep berada di server, dan apabila terjadi kendala koneksi atau masalah pada computer/perangkat yang kita gunakan, seluruh e-mail kita akan tetap aman karena berada di server. Sedangkan jika kita menggunakan POP, kita hanya dapat menggunakan satu computer (misalnya di kantor atau di rumah saja), walaupun ada opsi “leaves message on server after retrieval” jika kita ingin menggunakan computer yang berbeda. Jika cakram keras computer yang kita gunakan bermasalah, akan berakibat juga pada e-mail yang berada di computer tersebut. Oleh karenanya, pengguna POP disarankan untuk lebih memperhatikan system cadangan pada komputernya.


Dari kedua pilihan ini, mana yang harus kita gunakan? Sebaiknya Kita memilih salah satu, jangan menggunakan POP dan IMAP secara bersamaan karena akan menyebabkan banyak masalah. Jika Kita hanya gunakan satu computer, menggunakan POP, jika menggunakan lebih dari satu computer, berpindah-pindah dengan perangkat mobile Kita, atau menggunakan beberapa jenis e-mail client sekaligus, maka Kita bisa menggunakan IMAP. JIka Kita menggunakan webmail tentu Kita sudah menggunakan IMAP, karena webmail. Berdasarkan beberapa pertimbangan dan tips yang telah disampaikan, pilihan kini ada di tangan Kita. So How….???

This entry was posted on Thursday, February 21, 2008 Kategori . You can leave a response and follow any responses to this entry through the Subscribe to: Post Comments (Atom) .

0 komentar