Agar Tak Sesat di Jalan

oleh Zoraya's Zone

Orang bijak akan bertanya, orang bodoh akan malu bertanya lalu sesat di jalan, demikian kata pepatah. Hal ini juga berlaku di dunia virtual terbesar sejagat saat ini, yakni internet. Tanpa petunjuk arah yang jelas, maka mudah sekali seseorang tersesat. Tanpa pengetahuan yang memadai dalam menggunakannya, alih-alih hal yang berguna yang didapat, kita malah akan dipusingkan dengan hal-hal tidak berguna dan tidak berhubungan sama sekali dengan tujuan awal penggunaan internet. Salah satu "petunjuk arah" yang paling sering digunakan di dunia virtual adalah search engine.

Istilah search engine sendiri belum lama dikenal di internet. Setelah bertahun-tahun kini istilah search engine mulai berubah dengan munculnya "kompas-kompas" baru di internet. Salah satu yang meroket sekarang ini adalah Google (www.google.com). Demikian mudah, lengkap dan populernya search engine ini di mata para pengguna internet, sampai kata "mencari" atau "search" kini "berubah" menjadi kata kerja baru, yaitu "googling". Muncul pula istilah "ask Google first" atau Google dulu, baru bertanya" dalam bahasa Indonesianya. Tak hanya itu, baru-baru ini seorang pencuri sukses membongkar sebuah brankas setelah bertanya dulu ke Google!

Informasi yang sedemikian lengkap dapat diakses dengan mudah di search engine, sehingga siapa pun yang menggunakannya seperti sedang memegang sebuah pedang bermata dua. Akan digunakan untuk kebaikan atau kejahatan, bergantung pada siapa dan arah mana seseorang mengarahkan pedang itu. Klik search engine dan delamat datang di dunia informasi yang maha luas. (^_^)


This entry was posted on Tuesday, February 05, 2008 Kategori . You can leave a response and follow any responses to this entry through the Subscribe to: Post Comments (Atom) .

0 komentar