"OPEN SOURCE"

oleh Zoraya's Zone

Membangun Portal "Web" Murah...?

Ternyata, untuk hosting (ruang file di hardisk server), server lokal Indonesia memang terbilang mahal. But, don't worry Bro', di tengah ekspansi perusahaan hosting ala Amerika Serikat, hosting menjadi semakin murah dan bahkan ada yang gratisan juga lho.

So, hanya dengan biaya mulai Rp.100.000 per tahun, plus semangat belajar membangun portal sendiri, kita sudah bisa memiliki portal web profesional yang citranya berbeda dengan website ala weblog atau Multiply yang gratisan.

Jika dilihat dari fungsi dan kemampuannya, sofware portal web memang beda dengan content management system (CMS). Tapi di Indonesia sendiri kedua istilah ini dianggap sama saja karena merujuk website interaktif dan mempunyai alur kerja otomatis.

Itu artinya membuat portal web adalah memasang software CMS di dalam website kita, dan software CMS dibatasi pada software gratis dari open source yang berbasis bahasa pempograman PHP dan database MySQL.

So, bagaimana dengan kamu?
Mau pake yang gratisan, atau dengan mengeluarkan sedikit biaya untuk memilih
open source yang establish agar lebih aman, atau mungkin juga kamu ingin membangun program dari nol.

-yaya-

This entry was posted on Monday, January 28, 2008 . You can leave a response and follow any responses to this entry through the Subscribe to: Post Comments (Atom) .

1 komentar

Anonymous  

hemmmm, artikelnya boleh juga :)